Makalah Sejarah Perkembangan Budaya Islam Modern(1800 - Sekarang)




PERKEMBANGAN ISLAM PADA MASA MODERN (1800-SEKARANG)



BAB 1
PENDAHULUAN
                               I.            Latar Belakang
Sejarah peradaban dan perkembangan Islam sejak abad ke-7 M, hingga saat ini telah tersebar ke berbagai pelosok dunia yang amat luas terbentang dari Atlantik di Barat hingga Indonesia di Timur termasuk Laut Kuning .Populasi Muslim dewasa ini banyak berdomisili di Timur dekat ,Timur Tengah ,Asia Tenggara dan daerah daerah lain didunia termasuk Eropa, Amerika dan Australia.
Saat ini diperkirakan terdapat antara 1.250 juta hingga 1,4 miliar umat Muslim yang tersebar di seluruh dunia. Dari jumlah tersebut sekitar 18% hidup di negara-negara Arab, 20% di Afrika, 20% di Asia Tenggara, 30% di Asia Selatan yakni Pakistan, India dan Bangladesh. Populasi Muslim terbesar dalam satu negara dapat dijumpai di Indonesia. Populasi Muslim juga dapat ditemukan dalam jumlah yang signifikan di Republik Rakyat Cina, Amerika Serikat, Eropa, Asia Tengah, dan Rusia.
Pertumbuhan Muslim sendiri diyakini mencapai 2,9% per tahun, sementara pertumbuhan penduduk dunia hanya mencapai 2,3%. Besaran ini menjadikan Islam sebagai agama dengan pertumbuhan pemeluk yang tergolong cepat di dunia. Beberapa pendapat menghubungkan pertumbuhan ini dengan tingginya angka kelahiran di banyak negara Islam enam dari sepuluh negara di dunia dengan angka kelahiran tertinggi di dunia adalah negara dengan mayoritas Muslim . Namun belum lama ini, sebuah studi demografi telah menyatakan bahwa angka kelahiran negara Muslim menurun hingga ke tingkat negara Barat.
Pembaruan dalam Islam yang timbul pada periode sejarah Islam mempunyai tujuan,yakni membawa umat Islam pada kemajuan, baik dalam ilmu pengetahuan maupunkebudayaan. Perkembangan Islam dalam sejarahnya mengalami kemajuan dan jugakemunduran. Bab ini akan menguraikan perkembangan Islam pada masa pembaruan.Pada masa itu, Islam mampu menjadi pemimpin peradaban. Mungkinkah Islam mampu kembali menjadi pemimpin peradaban?Dalam bahasa Indonesia, untuk merujuk suatu kemajuan selalu dipakai katamodern, modernisasi, atau modernisme. Masyarakat barat menggunakan istilah modernisme tersebut untuk sesuatu yang mengandung arti pikiran, aliran atau para digma baru. Istilah ini disesuaikan untuk suasana baru yang ditimbulkan oleh kemajuan, baik oleh ilmu pengetahuan maupun tekhnologi.

                            II.            Batasan Masalah
1.    Sejarah latar belakang  Perkembangan Islam Masa Modern (1800-sekarang)
2.    tokoh tokoh pemimpin perkembangan Islam pada masa modern
3.    Gerakan pertumbuhan dan perkembangan politik umat Islam di Turki, Timur Dekat, Asia Selatan ,dan Asia Tenggara.

                         III.            Rumusan Masalah
1.      Apa saja perkembangan dan pertumbuhan Islam pada masa Modern?
2.      Di daerah mana saja islam dapat tumbuh dan berkembang di masa Modern?
3.      Siapa saja Tokoh yang terlibat di masa perumbuhan dan perkembangan Islam di masa Modern?
4.      Mengapa Islam bisa tumbuh dan berkembang sampai masa sekarang ?
5.      Kapan saja Islam mulai tumbuh dan berkembang di tiap tiap daerah maupun negara ?
6.      Bagaimana Islam dapat tersebar dan berkembang luas di semua dunia masa modern ?

                         IV.            Tujuan Penelitian
1.      Menjelaskan perkembangan Islam pada masa Modern
2.      Mengetahui siapa saja tokoh Umat Islam yang berpengaruh dalam perkembangluasan Islam di Masa Modern.
3.      Mengetahui perkembangn Islam di masa Modern khususnya dibidang Politik
4.      Menyebutkan contoh peristiwa perkembangan Islam pada Masa Modern.

                            V.            Manfaat Penelitian
1.      Bisa mengetahui bahwa pentingnya membaca
2.      Agar tau hikamahnya orang yang sering membaca
3.      Agar tau bahaw membaca saja materi sekolah itu ternyata tidak sulit
4.      Bisa tau apa yang harus kita lakukan buat Islam berkembang dan bersaing di Masa yang akan dating
5.      Bahwa harus sadar menjadi orang yang lebih baik lagi daripada yang dulu.



BAB 2
TINJAUAN PUSTAKA
                               I.            GERAKAN PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN POLITIK UMAT ISLAM DI TURKI

1.      Modernisasi Turki di Bawah Mustafa Kemal (1923 M - 1938 M)
Kerajaan Turki era modern yang didirikan oleh Mustafa Kemal pada tanggal 29 Oktober 1923 M merupakan metamorphosis dari imperium Usmaniyah yang sama sekali berbeda. Didirikannya Turki Modern disebabkan adanya kekecewaan yang amat dalam pada masalah Kekhalifahan Turku Usmani (Ottoman) yang mencapai puncaknya tanggal 3 Maret 1924. Pada tahun itu kekhalifahan Turki telah berakhir dengan keluarnya Undang –undang yang disetujui Dewan Nasional Agung Turki , yang berisi penghapusan kekhalifahan ,menurunkan khalifah dan mengasingkannya bersama keluarganya, menghapus kementrian syariah dan waqaf, menyatukan system pendidikan di bawah kementrian pendidikan.
Dalam kepentingannya Mustafa Kemal banyak membuat kebijakan yang memiliki kontradiksi dan benturan baik bagi kepentingan agama maupun kepentingan umum. Seperti orang-orang Muslim menunaikan sholat dengan menggunakan bahasa Turki dan memakai sepatu,UU tentang Kopiah tanggal 25 November 1925  dll.

2.      Modernisasi Turki masa Mustafa Kemal
Mustafa Kemal Attaturk meninggal tahun 1938 M. lalu Turki dipimpin oleh Ismet Inonti sebagai Presiden . Rakyat menghendaki agar pendidikan agama dimasukan kembali kedalam kurikulum sekolah. Pada masa Partai Demokrat berkuasa di Turki sejak tahun 1950, lafal adzan yang semula menggunakan bahasa turki(masa Mustafa Kemal) diubah kembali menggunakan Bahasa Arab.
Pada masa kepemimpinan Ismet Inonti, Turki pernah bergabungdengan pasukan sekutu tahun 1945 dan memiliki sikap netral setelah perang dunia berakhir. Dua tahun kemudian Ismet Inonti menyerbu ke Pulau Siprus dan berhasil mendudki sebagian utara pulau itu. Tahun 1961 masa kepemimpinan Presiden Kemal Gursel , Turki ditetapkan sebagai Negara Republik dengan Dewan Agung Nasional Dua Kamar.Tahun 1971 dan 1973 masa kepemimpinan Presiden Cevdet Sunay, Turki sebagaian besar dibawah perintah Undang-undang darurat perang.Tahun 1983 dan 1987 ketika Kenan Evren masih berkuasa , partai tanah air memenangkan pemilu, dan pemimpinnya Turgut Ozal terpilih menjadi Presiden (1989 M – 1993 M)

                            II.            GERAKAN PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN POLITIK UMAT ISLAM DI TIMUR DEKAT
Timur Dekat adalah wilayah yang memiliki kebudayaan dan peradaban luhur yang terkenal ke seluruh penjuru dunia , memiliki banyak dinasti yang timbul dan tenggelam ,memiliki daerah yang strategis dan jalur perekonomian yang ramai terutaama minyak. Maka dari itu banyak Negara Negara dunia yang melirik dan ingin menguasai kekayaan yang terkandung didalamnya,dengan berbagai macam alas an. Sepanjang sejarah dikatakan bahwa Timur Dekat selalu dilanda perang hingga kini, terutama Mesir, Irak, Iran, Afghanistan, India, Syiria, Libanon, dan Palestina.

1.      Mesir
Pada tahun 1801 M – 1905 M, pertumbuhan dan perkembangan Islam di Mesir mengalami degradasi,baik dibidang politik,pendidikan,ekonomi dan social kemasyarakatan, disebabkan Negara tersebut berada dalam carut marut politik dalam dan luar negeri, dimana saat itu Mesir berada dibawah tekanan kekuasaan pemerintah Inggris dan Prancis. Tahun 1905 M mulai membaik. Tahun 1801-1873 M di Mesir telah tumbuh benih benih gagasan nasionalisme sejak masa Al-Tahtawi dan Jamaluddin Al-Afgani. Ahmad Urabi Pasha yang memperjuangkan nasionalisme di Mesir. Pada abad ke-18 M di mesir muncul dua tokoh yaitu ‘Ali Bey Alkabir dan Muhammad Bey (Abu Al-Dahab).keduanya berjuang demi majunya Mesir dibidang ilmu pengetahuan, politik dan ekonomi. Namun demikian ketika mulai tumbuh dan berkembang negara itu pun turut larut dalam perang Dunia I.
Perang Dunia I berakhir tahun 1918 M, perkembangan di Mesir mendapat angin segar,yaitu dengan tumbuh dan berkembangnya semangat nasionalisme. Tahun 1922 M ,Mesir mendapat kemerdekaan dari Inggris, masa pemerintah Raja Faruk pengaruh Inggris sangat besar. Pemerintahan Jamal Abdul Naser dapat menggulingkan Raja Faruk tanggal 22 Juli 1952, Mesir berada dalam kemerdekaan penuh.
2.      Irak
Pada perang Dunia I, Inggris merebut Irak dari Kerajaan Turki Usmani.Pada tahun 1920, Liga bangsa-Bangsa memberi mandat kepada Inggris atas Irak dan pada tahun 1921 Inggris membantu para pemimpin Irak untuk membentuk pemerintahan.
Pada tahun 1958, kelompok militer mengambil alih kekuasaan dan menyatakan Irak sebagai negara Republik. Sejak 1979, Saddam Husain, seorang pimpinan Partai Ba’at menjadi presiden Irak. Dalam perkembangan selanjtunya, Saddam Hussein membawa Irak terlibat dalam tiga perang besar.  Tiga perang tersebut adalah melawan Iran pada tahun 1980-1990 karena masalah perbatasan, melawan Tentara Sekutu di bawah pimpinan Amerika Serikat pada tahun 1992, karena invasinya ke Kuwait.Perang yang terakhir adalah melawan Amerika Serikat dan Iggris yang terjadi pada tahun 2003 yang lalu.Perang ini terjadi karena kepemilikan enjata pemusnah masal Irak dan mengakhiri kepemimpinan Saddam Hussein. Sehingga Irak berada dibawah dewan pemerintahan interim tahun 2003-2004.
Pada tanggal 6 April 2005 Jalal Talabani, ketua persatuan patriotic Kurdi (Puk-Patriotic Union of Kurdistan) menjadi Presiden Negara pertama dari proses penunjukan dewan Negara tersebut pada tanggal 7 April 2005 – sekarang,yang sebelumnya dijabat oleh Ghazi Mashal Ajil Alyawer 28 Juni 2004 – 6 April 2005.
3.      Iran
Sejarah Iran dimulai pada tahun 637, pada waktu invasi Arab menggantikan agama Zoroaster dengan Islam.Meskipun memeluk Islam, bangsa Iran tetap mempraktikkan tradisi mereka.Selama seribu tahun, Iran menjadi wilayah kekhalifahan. Selama itu pula, Iran memberikan andil yang luar biasa pada perkembangan sastra, seni, arsitektur,filsafat, matematika, astronomi, kedokteran, dan ilmu-ilmu Islam lainnya.
Pada awal abda ke-16, iran dikuasai Kerajaan Safawi yang menganut Syiah. Dinasti Zand berkuasa dalam kurun waktu 30 tahun setelah itu.Dinasti Qajar menguasai Iran pada akhir abad ke-19.setelah itu Dinasti Pahlevi berkuasa mulai tahun 1925-1979. revolusi Iran pada tahun 1979 meruntuhkan Dinasti Pahlevi dan Iran memasuki era modern dengan bentuk negara republik. Sebelum menjadi bentuk republik tahun 1951 perdana menteri Mohammad Mossadeq berusaha untuk menasionalisasikan Industri Minyak Iran.lalu ditentang Amerika dan Inggris,dan Tahun 1953 Mohammad Mossadeq diberhentikan dari perdan menteri oleh Syah.Tahun 1970an tantangan dari para pemimpin agama semakin meningkat yang membawa kepada kejatuhan Syah, tepatnya tahun 1979 oleh pemimpin Karismatik Iran Syah Ayatullah Khomeini.
Setelah revolusi Iran berubah dari sistem kerajaan menjadi sistem republik Islam. Sistem republik Islam iran berlandaskan konsep wilayah al-faqih, yaitu kekuasaan tertinggi di tangan ulama yang mampu memimpin sertta disetujui mayoritas umat. Pemegang kekuasaan ini disebut wali faqih atau rahbar.Wali faqih yang pertama adalah Ayatullah Khoeini.Untuk jajaran eksekutif, kekuasaan tertinggi dipegang oleh residen yang dipilih langsung oleh rakyat.
Dalam bidang ilmu pengetahuan, Iran melahirkan banyak tokoh besar. Tokoh-tokoh itu adalah al-Biruni, Umar Khayyam, Abu Bakar al-Juwaini, Ibnu Sina, Gazali, Bukhari, Muslim dan Abu Hanifah.
4.      Arab Saudi
Arab Saudi merupakan Negara kerajaan yang dinamakan dengan Al-mamlaka Al-Arrabiyah As-Su’udiyyah ,dengan ibu kota Riyadh . Negara ini dipimpin oleh raja sebagai kepala Negara. Jumlah penduduk 27.019.731 jiwa dengan luas wilayah2.250.000 Km2 .
Arab Saudi merupakan bagian dari  wilayah Turki Usmani (Ottoman) pada abad ke- 16 M . Namun daerah-daerah pedalaman masih tetap berada dalam kekuasaan Syeh (kepala suku) yang saling bermusuhan. Pada akhir abad ke-18 M telah muncul seorang pembaharu islam di wilayah dataran tinggi Najd Arabia Tengah yang bernama Muhammad Ibnu Abdul Wahab yang telah mendirikan revivalisme nasional,dengan menekankan kepada bangsa tersebut untuk berorientasi kepada ajaran Al-Qur’an dan Hadist.
Sejak Tahun 2005 hingga sekarang ,Arab Saudi dipimpin oleh Raja Abdullah . di bawah Kepemimpinannya ,perkembangan dan pertumbuhan Islam dinegara tersebut mengalami kemajuan baik dalam segi pendidikan ,tehnologi, social kemasyarakatan, politik ,budaya ,ekonomi dan lain sebagainya.
                         III.            GERAKAN PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN POLITIK UMAT ISLAM DI ASIA SELATAN
1.      India
Sebelum jatuh ke tangan Inggris ,India telah diperintah oleh Kerajaan Besar yaitu Mughal ( 1526 M – 1858 M ) yang didirikan oleh Zahiruddin Babur ( 1482 M – 1530 M ), yang merupakan salah satu cucu Timur Lenk. Stelah Kejatuhannya tahun 1858 M , perkembangan Islam di indiamengalami penurunan dan stagnasi yang disebabkan adanya penekanan dan intimidasi dari bangsa Inggris. Pada tahun 1612 M – 1690 M , orang-orang inggris berlomba lomba mendirikan pabrik-pabrik Industri di India melaui British East India Company (BEIC) yang memproduksi kain sutra dan tenun.
Ada dua partai politik besar pada masa kekuasaan Inggris di India yaitu Partai Kongres pemimpin Jawa Harlal Nehru ,yang anggotanya terdiri dari orang-orang Hindu dan Islam, dan Liga Muslim yang dibentuk untuk mewadahi umat islam . Setelah usai Perang Dunia ke II ,akhirnya Inggris melepaskan kekuasaanya dari India.

2.      Pakistan
Pakistan berdiri dan merdeka dari Inggris pada tanggal 14 Agustus 1947. Negara ini adalah gabungan dari lima Provinsi India yaitu Balukistan, Sind, Punjab, Bengal, dan Assam. Luas wilayahnya 803.940 Km2 . Bentuk negara ini adalah Republik yang dinamakan dengan Republik Islam Pakistan ,dipimpin oleh seorang kepala negara yaitu Presiden ,sedangkan kepala pemerintahan dipimpin seorang Perdana Menteri dengan badan legeslatifnya yaiyu dewan Nasional. Jumalah penduduknya lebih dari 117.490.278 jiwa.
Awal mula didirikannya negara Pakistan oleh Mohammad Iqbal (1873 M – 1938 M ) dan yang mewujudkan rancangan tersebut adalah Muhammad Ali Jinnah (1876 M – 1948 M). Tokoh-tokoh modernis yang mendukung berdirinya Pakistan yaitu Ahmad Khan, Syed Amir Ali, dan Muhammad Iqbal.

3.      Afghanistan
Afganistan adalah negara Republik di Asia Tengah. Pada tahun 1991, Afganistan berpenduduk 16.922.000 dan 99 % beragama Islam. Bahasa tresminya adalah Pushu, ibukotanya Kabul dan mata uangnya Afgani. Kepala pemerintahan dipimpin oleh Perdana Menteri.
Tahun 1737 Afghanistan dibawah kekuasaan Nadir Syah, tahun 1838 muncul ekspedisi Inggris yang pertama di Afghanistan lalu disusul ekspedisi  berikutnya tahun 1878 M – 1881 M , dan tahun 1879M dimenangkan oleh Inggris. Lalu dijadikan Negara protektorat oleh Inggris.Tahun 1933 M Raja Muhammad Zakir Syah menjadi raja Afghanistan. Tahuun 1973 M digulingkan oleh sepupunya yaitu Muhammad Dauddan mengumumkan Negara Afghanistan menjadi Republik dan ia sendiri yang menjadi presiden pertama dan ratusan pengikutnya oleh Noor Mohammad Taraki. Tahun 1979 ia digulingkan dari kursi Presiden dan digantikan oleh Perdan Menteri Hafizullah Amin.Tahun 1979 tentara Soviet menumpas kaum pemberontak  dan Hafizullah Amin. Kemudian Babrak Kamal menjadi Presiden dan tahun 1986 digantikan lagi oleh Muhammad Najibullah.
Tahun 1800-2000an Afghanistan tidak henti hentinya dilanda perang,kudeta, dan ambisi kekuasaan. Sehingga pendidikan islam dan tehnologi mengalami kemandegan hingga kini dengan dikuasainya oleh Amerika Serikat.

                         IV.            GERAKAN PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN POLITIK UMAT ISLAM DI ASIA TENGGARA.
1.      Indonesia
Islam berkembang di Indonesia tahun 1800an mengalami masa sulit karena masalah colonial di Nusantara. Pada masa penjajahan para raja dan pimpinan pergerakan bahu membahu untuk berjuang mengusir penjajah di Indonesi diantaranya: Haji Miskin, Haji Sumanik, dan Haji Piobang (1803 M) ,Pangeran Diponegoro (1825-1830) Pangeran Seman anak dari Pangeran Antasari dari Banjarmasin hingga Tahun 1862 M, Pangeran Antasari hingga tahun 1905 dan Perang Aceh berakhir tahun 1942 serta raja-raja lainnya di Indonesia.
Modernisasi Islam di Indonesia sebenarnya sudah dikenal sejak abad ke-19 M,yaitu banyak didirikannya organisasi-organisasi social kemasayarakatan seperti Syarikat Dagang Islam (SDI) di Bogor tahun 1909 dan di Solo Tahun 1911, Persyarikatan Ulama di Majalengka Jawa Barat tahun 1911,Muhammadiyah di Yogyakarta tahun 1912.Persatuan Islam (Persis) di Bandung tahun 1920an. NU di Surabaya tahun 1926. Partai Politik Syarikat Islam (SI) elanjutan dari SDI , Persatuan Muslim Indonesia (Permi) di Padang Panjang tahun 1932 ,Persatua Tarbiyyah Islamiyah (Perti) di Candung Bukit Tinggi tahun 1930 dan lain sebagainya.   
Hingga tahun 1945 Modernisasi Islam di Indonesia tetap berlanjut dan tidak ada hambatan dari Pemerintah, sehingga para Kyai atau pendakwah tidak kesuliatan meyebarkan syiar Islam di Indonesia. Itulah sebabnya Indonesia memiliki penduduk Muslim terbesar nomor satu didunia.

2.      Malaysia
Malaysia berbentuk kerajaan konstitusional yang dipimpin oleh kepala Negara yang Dipertuan Agung. Kepala pemerintahannya dipimpin seorang perdana menteri beranggotakan badan Legislatif Parlemen.luas wilayah 332.558 Km2 ,dengan jumlah penduduk  lebih dari 20 juta jiwa.
Tanggal 31 Agustus memperoleh kemerdekaan dari Inggris, dan Islam ditetapkan agama resmi. Tahun 1957 Malaka dan Penang menjadi Negara dalam  federasi itu. 1948-1960 federasi tersebuat diguncang oleh pemberontakan komunis ,namun dapatt dipatahkan oleh militer Inggris.
Pada tahun 1961 ,Perdan Menteri Persekutuan Tanah Melayu ,Tengku Abdurrahmad menyarankan untuk menyusun Negara Malaysia dengan memasukan Singapura ,Serawak, Sabab, dan Brunei kedalam Persekutuan Tanah Melayu .Namun Brunei tidak bergabung,sedangkan Singapura keluar dari Federasi tahun 1965 ,Sejak tahun 1980-an Islam di Malaysia mengalami masa kebangkitan yang ditandai dengan semaraknya kegiatan dakwah dan kajian Islam oleh kaum Intelektual yang berkelanjut hingga kini.



BAB 3

I.      SIMPULAN
Perkembangan dan pertumubuahn Islam banyak tersebar di seluruh plosok dunia. Perkembangan dan pertumbuhan umat islam khususnya di bidang politik berbeda di tiap-tiap Negara. Tokoh-tokoh penting yang terlibat dalam perkembangan dan pertumbuhan Islam harus selalu diingat positifnya, Karena mereka yang sudah lama berpengaruh penyebarluasan islam di tiap-tiap masing Negara. Modernisasi Islam akan selalu berkembang dan tumbuh setiap tahunnya dan mampu bersaing dengan Negara Negara maju yang ada di dunia.

II.   DAFTAR PUSTAKA
1.      Muhyidin, Muhammad, S.Ag., Buku Mandiri,Pendidikan Agama Islam SMA/MA Kelas XI,Jakarta :2009, Erlangga.
3.      www.slideshare.net.


Comments

Popular posts from this blog

Tokoh Teknik Sipil di Indonesia

Tutorial SAP200 Part 1 (Menghitung Reaksi Perletakan dan menggambar diagram pada balok sederhana)

Cara Melihat Output Lendutan Pada Rangka Batang(2D) di SAP2000