GOTTGARD BASE TUNNEL-Swiss

     Terowongan Dasar Gotthar dadalah terowongan kereta api dasar di bawah Alpen di Swiss yang dibuka sejak 1 Juni 2016 dan akan beroperasi penuh pada Desember 2016. Dengan panjang 57 km (35,4 mil) dan total 151,84 km (94,3 mil) dari terowongan, lubang dan bagian-bagian, adalah terowongan rel terpanjang di dunia  dan merupakan rute pertama yang datar melalui pegunungan Alpen.


     Proyek ini terdiri dari 2 terowongan jalur tunggal yang menghubungkan Erstfeld (Uri) dengan Bodio (Ticino) melewati bawah Sedrun (Graubünden). Proyek ini bagian dari proyek AlpTransit, atau "New Railway Link through the Alps", yang didalamnya termasuk Terowongan Dasar Lötschberg antara kanton Bern dan Valais dan Terowongan Dasar Ceneri (dalam pembangunan, akan dibuka akhir 2020) ke selatan. Terowongan ini mem-bypass Gotthardbahn, rute pegunungan yang telah dibuka sejak 1882 melewati Saint-Gotthard Massif, yang saat ini beroperasi dengan kapasitas penuh. Terowongan ini memungkinkan rute langsung yang dapat dilewati kereta berkecepatan tinggi dan kereta angkutan berat. Terowongan ini adalah terowongan ketiga yang menghubungkan kanton Uri dan Ticino setelah Terowongan Gotthard dan Terowongan Jalan Gotthard.


     Tujuan utama pembangunan terowongan ini adalah meningkatkan kapasitas transportasi lokal melalui Alpen, terutama untuk angkutan barang pada koridor Rotterdam–Basel–Genoa, dan memindahkan volume barang terangkut dari jalan ke kereta untuk mengurangi kecelakaan dan kerusakan lingkungan akibat meningkatnya jumlah truk. Selain itu, terowongan ini juga memberikan koneksi lebih cepat antara Kanton Ticino dengan wilayah Swiss lainnya, juga antara Eropa utara dan selatan, memotong waktu perjalanan Zürich–Lugano–Milan selama 1 jam dan Lucerne-Bellinzona selama 45 menit)


     Setelah 64% pemilih Swiss menyetujui proyek AlpTransit pada referendum tahun 1992, konstruksi terowongan mulai dibangun tahun 1996. Pengeboran pada terowongan timur selesai 15 Oktober 2010 dan terowongan barat selesai 23 Maret 2011. AlpTransit Gotthard Ltd. berencana untuk memberikan operasi terowongan ini pada Swiss Federal Railways (SBB CFF FFS) pada kondisi operasi bulan Desember 2016.Total biaya proyek ini adalah 9.8 milyar franc Swiss (€8.85 milyar atau US$10.3 milyar namun biaya akhirnya membengkak hingga $12 milyar.Sembilan orang meninggal selama pembangunan terowongan ini.


Sumber : https://id.wikipedia.org/wiki/Terowongan_Dasar_Gotthard

Comments

Popular posts from this blog

Tokoh Teknik Sipil di Indonesia

Tutorial SAP200 Part 1 (Menghitung Reaksi Perletakan dan menggambar diagram pada balok sederhana)

Cara Melihat Output Lendutan Pada Rangka Batang(2D) di SAP2000