Tugas Penulisan dan Presentasi "Contoh Latar Belakang"

       Pada kesempatan kali ini, saya ditugaskan untuk mencari sebuah latar belakang suatu tulisan pada mata kuliah "Penulisan dan Presentasi". Berikut adalah contoh latar belakang yang membahas tentang  daya dukung pondasi.

Latar Belakang
Pondasi adalah bagian tak terpisahkan dari suatu konstrruksi yang berfungsi untuk meneruskan gaya-gaya maupun beban dari konstruksi ke lapisan tanah yang berada dibawah pondasi. Suatu perencanaan pondasi dikatakan benar apabila beban yang diteruskan oleh pondasi ke tanah tidak melampaui kekuatan tanah yang bersangkutan. Apabila kekuatan tanah dilampaui, maka penurunan yang berlebihan atau keruntuhan tanah akan terjadi, kedua hal tersebut akan menyebabkan kerusakan konstruksi yang berada pada pondasi tersebut (Das, 1995). Berdasarkan kedalamannya, pondasi dibagi menjadi dua yaitu pondasi dangkal dan pondasi dalam. Pondasi dalam digunakan jika lapisan tanah keras atau batuan berada pada posisi yang dalam. Jenis pondasi dalam secara garis besar ada 2 (dua) yaitu pondasi tiang pancang dan pondasi bored pile (Bowless, 1997).
Pada proyek Hotel Sapadia Medan ini jenis pondasi yang digunakan adalah pondasi bored pile. Kekuatan daya dukung pondasi bored pile diperoleh dari daya dukung ujung (end bearing capacity) dan daya dukung geser (friction bearing capacity). Pondasi bore pile ini dibuat dengan cara memasukkan batang pipa kedalam tanah dan kemudian diisi dengan beton. Pipa tersebut dapat ditinggalkan didalam tanah atau ditarik keluar selama proses pengecoran berlangsung.
Adapun metode yang digunakan diantaranya metode Meyerhof dengan menggunakan data Sondir, Uji Beban Statik (Loading Test), PDA (Pile Driving Analyzer) serta SPT (Standard Penetration Test).

Nilai daya dukung dari masing-masing metode ini pada umumnya sering berbeda. Oleh sebab itu, penulis merasa perlu untuk melakukan analisa untuk mendapatkan nilai perbandingan daya dukung pondasi tiang bor (bored pile) tunggal diameter 0,6 m pada Proyek Hotel Sapadia.

sumber  : http://eprints.ums.ac.id/49092/4/BAB%20I.pdf

Comments

Popular posts from this blog

Tokoh Teknik Sipil di Indonesia

Tutorial SAP200 Part 1 (Menghitung Reaksi Perletakan dan menggambar diagram pada balok sederhana)

Cara Melihat Output Lendutan Pada Rangka Batang(2D) di SAP2000