Sekilas Mengenai Ekonomi Teknik


Pada kesempatan penulisan kali ini, saya ingin berbagi ringkasan ilmu ekonomi teknik yang sudah saya pelajari dari berbagai sumber  dan juga sekaligus menjadi syarat dalam pengumpulan tugas khususnya untuk mata kuliah Ekonomi Teknik.

Di dalam penulisan ini saya hanya akan membahas kira kira Apa sih pengertian Ekonomi Teknik? Lalu Untuk apa juga Ekonomi Teknik dalam kehidupan? Dan  Seperti apa juga penerapannya ilmu ekonomi teknik itu? Langsung saja ke pembahasannya J

Sebelum menjelaskan mengenai ekonomi teknik, ada baiknya untuk memahami arti masing masing dari ekonomi dan teknik. tentu ketika dipisahkan kedua ilmu ini memang sangat berbeda dan saling bertolak belakang. Ekonomi adalah suatu ilmu yang mempelajari tentang aktifitas manusia yang berhubungan mengenai produksi, distribusi, dan konsumsi terhadap barang maupun jasa. Prinsip dari ekonomi adalah dengan pengorbanan tertentu untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Sedangkan pengertian dari  Teknik merupakan suatu konsep aktifitas manusia yang berorientasi pada proses perubahan sifat maupun bentuk dari benda benda alam dengan tujuan mendapatkan manfaat yang lebih baik dari sebelumnya. Biasanya aktifitas teknik berawal dari ide-ide rancangan teknik yang akan digunakan untuk mengatasi keterbatasan-keterbatasan dalam memenuhi atau mencapai tujuan atau kebutuhan manusia. Ide-ide ini harus dituangkan secara sistematis dan harus bisa dijelaskan secara teknis  apakah bisa direalisasikan atau diterapkan melalui kajian dan evalusi terhadap ide ide ini, jika tidak bisa terealisasikan secara teknik, ada baiknya rancangan tersebut diperbaiki kembali atau dihentikan saja.

     Jadi Ekonomi Teknik adalah ilmu yang berorientasi pada pengungkapan dan perhitungan nilai-nilai ekonomis yang terkandung dalam suatu rencana kegiatan teknik. biasanya digunakan untuk sarana pendukung suatu keputusan.

     Adapun cara atau proses pengambilan keputusan dalam Ekonomi Teknik yaitu dengan
1.       Mengenali permasalahan kasus itu
2.       Menentukan tujuan yang tepat
3.       Merangkum informasi mengenai permasalahan yang berkaitan dengan kasus itu secara relevan
4.       Mengidentifikasi cara atau solusi dalam menyelesaikan suatu permasalahan
5.       Kemudian memilih atau menetapkan kriteria solusi cara yang cocok dalam menyelesaikan suatu   permasalahan
6.       Membangun model keterhubungan antara tujuan, rangkuman informasi dan penetepan suatu solusi
7.       Memprediksi hasil ketika memakai alternatif solusi yang dipilih
8.       Kemudian memilih alternatif solusi yang terbaik ketika sudah dianalisis untuk dipilih
9.       Kemudian audit pasca pengambilan keputusan agar ketika menggunakan alternatif yang dipilih bisa   berjalan dengan maksimal

   Sedangkan untuk tahapan-tahapan dalam proses pengambilan suatu keputusan dalam masalah ekonomi teknik yaitu:
1.       Proses Identifikasi ; Pengenalan suatu masalah yang diperkirakan akan muncul ketika pengambilan   keputusan sudah dijalankan
2.       Proses Pengembangan ; Proses pencarian beberapa solusi dalam pemecahan suatu masalah
3.       Proses Penyeleksian ; Peninjauan dalam penetapan pemilihan solusi yang sebelumnya sudah di list   kan.

    Ilmu ekonomi teknik tentunya akan digunakan untuk menyelesaikan permasalahan suatu kasus dalam kegiatan sehari-hari mengenai pengambilan suatu keputusan dengan meninjau secara teknis dari permasalahan itu maupun secara ekonomi dari kasus itu.

     Berikut akan disertakan contoh kasus serta pemecahan masalahnya dalam suatu ilmu ekonomi teknik seperti kegiatan sehari-hari:
Contoh kasus
    Pada suatu pulau A direncanakan akan dibangun suatu gudang yang nantinya akan digunakan untuk menyimpan beberapa barang produksi PT. Putra Sentosa. Tetapi bahan mudah didapat di pulau A adalah baja, sedangkan bahan beton di pulau itu sangatlah sulit didapat. Bagaimana anda akan menentukan suatu bahan yang akan dipakai dengan permintaan owner biaya yang sedikit?
Contoh Penyelesaian
    untuk menjawab kasus diatas tentunya diperlukan beberapa analisis dari segi segi teknis pembangunan maupun dari segi ekonomi. Yang saya jabarkan ini hanya contoh dalam penyelesaian suatu keputusan. Karena ditinjau dari segi ekonomi bahan baku beton lebih murah dibandingkan dengan bahan baku baju. Namun meninjau dari segi teknis pembangunan didaerah itu masih aman jika digunakan kedua jenis bahan tersebut. Kemudian dari segi ekonomi sayangnya bahan baku beton disana langka sehingga proses pembeliannya menjadi mahal.
    Sehingga ketika sudah dianalisis dengan beberapa segi ditetapkanlah pembangunan gudang dengan bahan baku Baja dikarenakan akan lebih efiisien,cepat dan dari sgi biaya lebih murah dan praktis dibandingkan beton.

Semoga Bermanfaat J





Sumber : Buku Ekonomi Teknik Drs. M. Giatman, MSIE
                http://belajarekonomiteknik.blogspot.co.id/
                http://hadyanmms.blogspot.co.id/2016/10/tugas-ekonomi-teknik.html


Comments

Popular posts from this blog

Tokoh Teknik Sipil di Indonesia

Tutorial SAP200 Part 1 (Menghitung Reaksi Perletakan dan menggambar diagram pada balok sederhana)

Cara Melihat Output Lendutan Pada Rangka Batang(2D) di SAP2000